Geografis dan Topografi

peta_kudus

Kabupaten Kudus merupakan salah satu dari tiga puluh lima kabpuaten / kota dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Jawa Tengah, dengan luas wilayah 42.416 Ha. Yang terdiri dari 9 Kecamatan 123 Desa dan 9 Kelurahan.

Ditinjau dari posisi geografis Kabupaten Kudus terletak diantara 110.36’ – 110.50’ BT serta 6.51’ – 7.16’ LS. Dengan batas –batas administratif yaitu sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan Pati, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Demak dan Jepara, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Pati, serta sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pati.

Keadaan alam di Kabupaten Kudus mempunyai ketinggian permukaan yang beraneka ragam, terendah 5 meter di atas permukaan air laut yang berada di wilayah Kecamatan Undaan dan ketinggian tertinggi 1600 meter di atas permukaan air laut berada di wilayah Kecamatan Dawe dengan Temperatur rata-rata berkisar 290C  dan kelembaban rata-rata berkisar antara 72% – 83%.

Dengan kondisi geografis yang terletak pada persimpangan jalur transportasi utama Jakarta – Semarang – Surabaya dan Jepara – Grobogan, Kabupaten Kudus merupakan wilayah yang sangat strategis dan cepat berkembang serta memiliki peran utama sebagai pusat aktifitas ekonomi yang melayani wilayah interland, yaitu kabupaten disekitarnya.