DSC_0164

TEMU USAHA DAN GELAR KEMITRAAN / MATCHMAKING SEKTOR BORDIR, KONVEKSI DAN BATIK KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015

Kudus News- Dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kudus, diadakan pengembangan kemitraan usaha antara Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB), didalam upaya memperkuat jaringan bisnis usaha yang saling menguntungkan antara para pihak. Kegiatan Temu Usaha dan Gelar Kemitraan / Matchmaking merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kudus yang selanjutnya akan dapat diimplementasikan dengan kegiatan usaha yang konkret dan terukur sehingga semakin memperkuat jaringan bisnis UMK dan mendorong peningkatan akses pasar dan rantai suplai berkelanjutan umumnya bidang bordir, konveksi dan batik UMK di Kabupaten Kudus.

temu
Melalui kegiatan Temu Usaha dan Gelar Kemitraan / Matchmaking sektor bordir, konveksi dan batik diharapkan ada kepeminatan kerjasama serta terrealisasikannya dalam bentuk Perjanjian Kepeminatan (MoU) sehingga akan meningkatkan pengembangan usaha dan menumbuhkan citra positif dan koneksi antar pengusaha di Kabupaten Kudus.

Dasar-dasar pelaksanaan pengambangan kemitraan usaha antara UMK dan UMB meliputi :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 9 Tahun 2014 tanggal 29 Desember 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2015 (Lembaran Kabupaten Kudus Tahun 2014 Nomor 9);
  2. Peraturan Bupati Kudus Nomor 25 Tahun 2014 tanggal 30 Desember 2014 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2015 (Berita Daerah Kabupaten Tahun 2014 Nomor 25);
  3. Keputusan Bupati Kudus Nomor 900/308/2014 tanggal 31 Desember 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kekuasaan Pengelolaan  Keuangan Daerah kepada Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus selaku Pejabat Pengguna Anggaran/Pengguna Barang Tahun Anggaran 2015;
  4. Dokumen Pelaksanaan Anggaran  (DPA) Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Kudus Nomor 1.16.01.15.01.5.2 Tahun Anggaran 2015.

Penyelengaraan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan bekal pengetahuan, informasi, transformasi semangat kewirausahaan dan wawasan dalam rangka pengembangan investasi melalui pemberdayaan usaha ekonomi lokal baik usaha kecil maupun menengah, yang bertujuan terwujudnya kerjasama dan terjalinnya hubungan kemitraan strategis antara pihak pengusaha yang saling membutuhkan dan menguntungkan.

DSC_0164

Pelaksanaan Kegiatan Temu Usaha dan Gelar Kemitraan dilaksanakan pada 15 September 2015 bertempat Ruang Rapat Lantai IV Gedung Setda dengan sumber dana kegiatan ini dibiayai dari APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2015, diikuti lebih kurang 60 (Enam puluh) peserta yang terdiri dari

  1. Dinas/SKPD/Instansi terkait ;
  2. KADIN Kabupaten Kudus ;
  3. FEDEP Kabupaten Kudus ;
  4. Ketua Kluster Bordir, Konveksi dan Batik ;
  5. Para pengusaha UMKM Sektor Bordir, Konveksi dan Batik di Kabupaten Kudus;
  6. Pengusaha menengah dan besar Sektor Konveksi, antara lain :
    – PT. Sariwarna Asli Textile
    – PT. Sukuntex
    – PT. Colombo
  7. Perusahaan Jasa Tour dan Travel, antara lain :
    – PO. Nusantara
    – Biro Jasa Perjalanan Haji dan Umroh Arwaniyyah Tour dan Travel
    – Biro Jasa Pariwisata dan Travel Kharisma Jaya Tour dan Travel
  8. Para Desainer Bordir dan Batik Lokal antara lain :
    – Aris Magenta
    – Ibu Ayu Melati
    – Eko Wismoro
    – Ibu Sri Ngembal
  9. Bank Jateng Cabang Kabupaten Kudus.

Sebagai narasumber adalah Bapak Arif Rahman Mustofa (GM @Home Hotel) selaku wakil dari Hotel Horizon Semarang beserta Bapak Eddy Riyanto dari Bank Jateng Cabang Kudus yang dimoderatori oleh Bapak Purwanto,SH,M.Par. Kasubbag Umum dan Kepegawaian BPMD Provinsi Jawa Tengah.
Dalam pelaksanaan temu Usaha dan Gelar Kemitraan harapan dan arah yang hendak dicapai adalah

  • Terjalinnya pelaksanaan kerja sama berkelanjutan yang saling menguntungkan antara para pihak atau anggota Sektor Bordir, Konveksi dan Batik UMKM di Kabupaten Kudus.
  • Menumbuhkan motivasi hubungan kerjasama dan saling memperkuat antar pihak.
  • Pengembangan aspek ekonomi, budaya/kultur dan kesejahteraan UMKM sektor Bordir, Konveksi dan Batik di Kabupaten Kudus.
  • Terinformasikannya program-program pemerintah dalam membina dan mendukung UMKM.
  • Terciptanya kerja sama dan kemitraan khususnya peluang terbukanya jaringan pemasaran produk-produk UMKM lokal dengan pengusaha besar antara lain Hotel Horizon, Pengusaha Jasa Tour dan Travel, PT. Sari Warna Asli Textile, PT. Colombo dan PT. Sukuntex.
  • Meningkatnya realisasi investasi melalui kemitraan dan kerja sama investasi.